Senin, 14 Juli 2014

6 Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Bahan Alami

Cara mengobati darah tinggiDarah tinggi adalah istilah kesehatan untuk penyakit yang disebabkan oleh naiknya tekanan di darah di dalam pembuluh darah kita. Banyak faktor yang menyebabkanya seperti pembuluh darah yang menyempit akibat banyaklah lemak di dalam pembuluh darah, selain itu beberapa zat lain juga dapat menyebabkan tingginya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi rawan dialami oleh orang yang kurang berolahraga, tinggi mengonsumsi garam, dan mengalami kegemukan.
Untuk mengetahui tekanan darah di dalam tubuh anda dapat diukur menggunakan alat bernama tensi darah. Bagi anda yang memiliki tekanan darah normal memiliki tekanan darah 90 – 120 untuk sistolik dan 60-80 untuk diastolik. 
Efek yang ditimbulkan dari tekanan darah tinggi seperti sering sakit kepala, mudah lelah, telinga berdengung, sering sesak nafas dan pusing – pusing. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengobati dan mengurangi tekanan darah tinggi secara alami.

Cara mengobati / menurunkan tekanan darah tinggi :

1. Banyak mengonsumsi sayuran hijau
Sayuran hijau mudah ditemukan dan banyak disekitar kita. Sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang, dan buncis harus lebih banyak anda konsumsi karena dapat membantu memulihkan tekanan darah untuk kembali menjadi normal.

2. Melakukan diet garam
Tingginya zat garam di dalam darah juga ikut berperan dalam menaikkan tekanan darah. Oleh karena itu sebaiknya anda mengurangi porsi konsumsi garam setiap harinnya. Beberapa orang di negara maju bahkan mempertahankan garam hanya mereka konsumsi maksimal setengah sendok teh untuk seharian.

3. Melakukan diet dan olahraga teratur
Lakukanlah olahraga yang rutin untuk mengurangi jumlah lemak yang terdapat di aliran darah anda. Dengan demikian maka aliran darah dapat menjadi lancar kembali sehingga tekanan darah akan normal.

4. Banyak mengonsumsi bawang putih
Bawang putih memberikan efek untuk melenturkan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan kembali normal. Orang china ternyata orang yang banyak mengonsumsi bawang sebagai menu hariannya sehingga mereka sehat. Namun efeknya anda akan memiliki bau badan kurang sedap.

5. Banyak mengonsumsi potassium
Potassium adalah jenis zat yang berguna bagi tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Potassium banyak terdapat di makanan seperti kacang polong, bayam, pisang, kol, dan kurma.

6. Mengonsumsi jus seledri
Seledri merupakan jenis sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah anda. Seledri biasanya dibuat jus bagi orang chia yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Terdapat penelitian yang menguatkan hal ini ternyata mengonsumsi jus seledri setiap hari selama sepekan dapat menurunkan tekanan darah anda.

Itulah 6 cara mengobati darah tinggi dengan bahan – bahan alami dan mudah dilakukan. Selamat mencoba semoga dapat membantu anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Baca Juga 4 Cara Mengobati Anemia Dengan Cepat Dan Alami