Senin, 15 September 2014

6 Cara Mencegah Kerusakan Mata Sejak Dini

Cara mencegah kerusakan pada mataMata merupakan organ yang membantu kita melihat indahnya dunia ini, tanpa mata dan kelebihannya maka dunia ini hanya terlihat gelap saja, mungkin itu yang dialami oleh orang buta. Seiring dengan bertambahnya usia biasanya kemampuan mata juga akan ikut melemah dalam hal penglihatan maupun respon terhadap kondisi sebenarnya. Mata yang cepat mengalami kerusakan dan penyakit ditentukan oleh sikap kita memperlakukan mata ini. Nah agar mata selalu sehat maka kali ini kita akan berikan bagaimana cara mencegah kerusakan mata sejak dini.

1. Membaca dengan benar
Keasyikan membaca sesuatu seperti novel, komik kadang membuat kita tanpa sadar melakukan kesalahan yang berakibat fatal. Biasanya kita sering membaca dalam tempat yang gelap dan kurang penerangan, selain itu membaca dalam posisi tidur juga berefek buruk bagi mata kita. Sebaiknya membaca pada kondisi duduk dan jarak pandang terhadap buku sekitar 30 cm.

2. Kurangi menatap monitor
Menatap monitor dalam waktu lama baik itu monitor laptop atau layar hp dapat membuat kita lupa berkedip , kita menjadi lebih sering melotot sehingga mata menjadi mudah kering dan lelah. Kondisi ini bila berlangsung cukup lama dapat menyebabkan mata mengalami kerusakan. tak heran pekerja kantoran yang sering di hadapan monitor sering kali menggunakan kacamata karena kondisi mata yang mulai kurang baik.

3. Berikan keadilan melihat
Latihlah mata anda terutama dalam daya akomodasinya, usahakan dalam sehari anda selalu melihat benda – benda yang jarak jauh dan benda – benda yang berjarak dekat. hal ini untuk melatih akomodasi mata sehingga terhindar dari terkena rabun jauh ataupun rabun dekat.

4. Banyak makan – makan yang bergizi
Mata juga butuh dirawat dari dalam dengan cara rutin mengonsumsi makanan yang bergizi. Beberapa jenis makanan seperti sayur – sayuran berwarna orange baik untuk kesehatan mata kita.

5. Hindari mengucek mata
Mengucek mata untuk menghilangkan gatal atau membersihkan mata tidak akan baik untuk kesehatan mata kita. Kita tidak pernah tahu bakteri apa saja yang menempel pada jari tangan. Sehingga apabila anda mengucek mata kita maka kemungkinan mata terkontaminasi akan sangat besar sekali.

6. Cukupkan penerangan
Kurangnya penerangan pada saat mata sedang aktif membuat mata bekerja keras dalam mengumpulkan cahaya. Sehingga energi yang dibutuhkan juga akan besar. Sebaiknya pada tempat tinggal anda harus memiliki penerangan yang cukup bagus.

Itulah 6 cara mencegah kerusakan mata sejak dini, sekali lagi kami katakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.